Warna Kulit Manusia

Warna kulit disebabkan oleh pigmen yang terdapat dalam stratum germinativum. Orang kulit putih juga mempunyai pigmen dalam kulitnya, tetapi seberapa benyak, Masih banyak pigmen, makin hitam warna kulit. Orang bulai kulitnya (albino) tidak mempunyai pigmen pada rambut, iris mata.

Melanin, adalah suatu pigmen coklat yang diproduksi oleh sel-sel khusus disebut melanosit, terdapat di dalam stratum basale dari stratum germinativum. Produksi melanin akan meningkat bila kulit terkena sinar matahari langsung. Melanin menyediakan suatu “payung“ pigmen pelindung terhadap inti sel basale, jadi melindungi materi genetik (ADN) dari pengaruh radiasi ultraviolet. Suatu penggumpalan melanin pada suatu titik umumnya disebut bintik-bintik.

Warna kulit dihasilkan dari dua faktor, yaitu jumlah produksi melanin dan tingkat oksigenasi darah. Seseorang dengan tingkat produksi melanin tinggi memiliki kulit bersifat coklat, pada orang yang berkulit lebih cerah, memiliki lebih sedikit melanin, darah dermal memasok warna merah melalui sel-sel lapisan lebih atas yang agak transparan, sehingga kulit berwarna merah. Bila darah dermal kekurangan oksigen atau tidak bersirkulasi dengan baik, kulit akan menjadi kebiruan (sianotik).


Tulisan terkait