Peranan Vitamin Q Dalam Proses Penuaan Manusia

Vitamin Q atau Koenzim Q-10 atau Ubiquinol-10, terkenal sebagai salah satu antioksidan baru untuk menunda proses penuaan dan mencegah atau mengobati penyakit-penyakit yang berkaitan dengan usia lanjut yaitu penyakit jantung. Vitamin Q adalah enzim, merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh tubuh, zat ini ditemukan pula pada makanan tertentu, terutama makanan laut dan sekarang sudah dibuat secara sintetis menjadi suatu zat makanan tambahan untuk kesehatan.

Cara kerja Koenzim Q-10
Koenzim Q-10 serupa dengan vitamin E, melindungi molekul-molekul lemak agar tak teroksidasi radikal-radikal bebas. Koenzim Q-10 memantapkan membran-membran sel. Sejumlah ahli menyatakan bahwa manfaat terbesar diperlihatkan dalam mitokondria di mana oksigen dibakar untuk member tenaga bagi sel hidup. Mudah dipahami mengapa koenzim Q-10 serta antioksidan- antioksidan lainnya berperan penting mencegah proses penuaan. Koenzim Q-10 terkonsentrasi pada sel-sel otot jantung yang membutuhkan sejumlah besar energi agar mampu berdenyut sekitar 100.000 kali perharinya.

Peran koenzim Q-10 dalam proses penuaan
Menurut Balz Frei dari Boston University, koenzim Q-10 mencegah oksidasi kolesterol LDL secara lebih efisien dari pada vitamin E atau betakaroten, tetapi koenzim Q-10 itu habis dengan cepat selama proses oksidasi.

(Disadur Dari : Cermin Dunia Kedokteran No. 140, 2003)


Tulisan terkait