Struktur Tambahan Pada Kulit Manusia

Struktur Kuku Manusia
Kuku merupakan derivat epidermis, berupa lempeng-lempeng zat tanduk terdapat pada permukaan dorsal ujung jari tangan dan jari kaki. Kuku terdiri dari bagian akar dan bagian badan.

Dilihat dari atas, pada ujung proksimal badan kuku terdapat bagian putih berbentuk sabit yang disebut lunula. Kuku merupakan lempengan yang keras di atas ruas jari terakhir. Tiap – tiap kuku melekat pada corium yang mengalami modifikasi menjadi matrik / dasar kuku.

Pada bagian akhir dasar kuku kulit merupakan lipatan yang di dalamnya terdapat akar kuku. Pertumbuhan memanjang kuku disebabkan oleh pembelahan sel-sel lunak pada stratum germinativum pada akar kuku.

Struktur Rambut ( Pili ) Manusia
Rambut merupakan lapisan tipis bertanduk yang berasal fdari invaginasi epitel epidermis. Warna dan ukurannya berbeda-beda menurut ras, usia seks, dan daerah tubuh. Rambut hampir terdapat dalam seluruh permukaan tubuh kecuali pada permukaan tangan.

Rambut  tumbuh secara diskontinyu dan mempunyai periode pertumbuhan dan diikuti oleh periode istirahat. Pertumbuhan ini tidak terjadi secara serentak di seluruh bagian tubuh, walaupun pada daerah yang sama. Jenis pertumbuhan ini disebut  pertumbuhan mosaik.

Lama periode pertumbuhan dan periode istirahat tidak sama sesuai dengan daerah tubuh. Pertumbuhan   rambut  pada daerah tubuh  tertentu  seperti kulit kepala, wajah dan pubis sangat dipengaruhi oleh hormon – hormon seks ( khususnya androgen ), hormon adrenal dan tiroid. Pertumbuhan rambut tidak dipengaruhi oleh seringnya potong rambut atau cukur.

Rambut dibungkus oleh folikel rambut, yaitu suatu invaginasi epidermis yang terjadi selama periode pertumbuhan dengan suatu pelebaran ujung yang dinamakan bulbus rambut. Bagian rambut yang berada di dalam folikel rambut disebut akar rambut.

Rambut dibentuk oleh pembelahan mitosis sel -sel epitelial germinal  yang kecukupan makanan pada bulbus rambut. Sel-sel germinal ini akan membelah terus dan mengalami diferiensiasi menjadi sel-sel yang membentuk medula rambut, korteks rambut, dan kutikula rambut. Sel-sel yang lebih tua didesak menjauh dari daerah pertumbuhan ini, sel-sel tersebut mati dan mengalamu keratinisasi, membentuk bagian membesar dari pangkal rambut.

Bagian rambut yang terdapat dalam folikel rambutdisebut akar rambut, dan yang menjulur ke luar/permukaan kulit disebut batang rambut. Rambut terdiri atas, kutikula, cortex, medulla. Medulla merupakan lapisan sel yang paling dalam yang sering kali berisi ruang udara.

Rambut halus menutupi seluruh permukaan tubuh, kecuali pada tapak kaki, tapak tangan, dan ruas jari terakhir. Rambut tidak punya pembuluh darah, nutrisi didapat dari pembuluh darah papila pada corium.


Tulisan terkait