Konsep Plankton Dan Zooplankton

Plankton adalah kelompok organisme yang hidup melayang-layang di dalam air / kelompok biota laut, selain bentos dan nekton, mempunyai daya renang yang sangat lemah, artinya mereka tidak dapat melawan arus.

Plankton terbagi menjadi dua golongan utama yaitu fitoplankton yang merupakan plankton dari golongan tumbuhan mikroskopis dan zooplankton yang merupakan plankton dari golongan hewan yang hidup di laut dan sangat beraneka ragam, dimana terdiri dari bermacam bentuk larva dan bentuk dewasa yang dimiliki hampir seluruh filum hewan.

Ukuran plankton sangat beraneka ragam, dari yang terkecil, yang disebut ultra plankton berukuran 60-70 mikron, yang terlalu kecil untuk dikumpulkan dengan jaring plankton biasa dan hanya dapat dikumpulkan dengan cara dikumpulkan dengan cara mengambil sejumlah besar air laut.

Plankton terkadang ditemukan terapung di permukaan air, di dasar, ataupun melayang-layang memenuhi kolom air. Plankton ini ada yang bergerak aktif seperti hewan pada umumnya, tetapi ada pula yang bisa melakukan assimilasi (photosynthesis) seperti halnya tumbuhan di daratan.

Zooplankton merupakan plankton hewani yang menjadi konsumen utama fitoplankton. Selanjutnya dinyatakan meskipun jumlah, jenis, dan kepadatannya lebih rendah dari fitoplankton, zooplankton membentuk kelompok yang lebih beranekaragam. Setidak-tidaknya ada sembilan filum yang mewakili kelompok zooplankton ini dan ukurannya sangat beragam, dari yang sangat kecil atau renik sampai yang garis tengahnya lebih dari 1 mikron.

Zooplankton dapat diklasifikasikan berdasarkan lama hidupnya sebagai plankton. Yang pertama adalah holoplankton (plankton permanen) yakni organisme yang hidup sebagai plankton selama hidupnya. Yang kedua adalah meroplankton (plankton temporer) yakni organisme yang hidup sebagai plankton hanya sebagian dari siklus hidupnya, seperti selama masa telur atau fase larva.

Bagian terbesar dari zooplankton adalah anggota filum Arthropoda dan hampir semuanya termasuk kelas Crustacea. Selain Copepoda yang sangat dominan, dalam krustasea holoplanktonik juga terdapat anggota-anggota ordo Cladocera, subklas Ostracoda, ordo Mysidacea, ordo Amphipoda, ordo Euphausiacea, dan ordo Decapoda. Kebanyakan krustasea yang disebutkan ini adalah hewan-hewan holoplankton yang kecil.


Tulisan terkait