Peranan Bakteri (Monera) Dan Cyanophyta Yang Menguntungkan

Peranan Menguntungkan Bakteri (Kingdom Monera)

1). Pembusukan (penguraian) sisa-sisa makhluk hidup. Contohnya adalah Escherichia coli.

2). Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi. Contohnya adalah Azetobacter pada pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt, Azetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco, dan Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt.

3). Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarium yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan.

4). Penyubur tanah. Contohnya adalah Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.

5). Penghasil antibiotik. Contohnya adalah Bacillus polymyxa penghasil antibiotik polimiksin B untuk pengobatan infeksi bakteri Gram positif, Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan bakteri Gram negatif termasuk bakteri penyebab TBC, dan Streptomyces rimosus penghasil antobiotik tetrasiklin untuk berbagai infeksi bakteri.

6). Pembuatan zat kimia, misalnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum.
Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehingga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Contohnya Methanobacterium.

7). Penelitian rekayasa genetika dalam berbagai bidang. Sebagai contoh, dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia bermanfaat yang disintesis oleh bakteri, misalnya enzim, vitamin, dan hormon.

Peranan Cyanophyta yang Menguntungkan
Cyanophyta menguntungkan manusia secara ekologis, yaitu sebagai pengikat nitrogen bebas. Cyanophyta adalah pengikat nitrogen yang utama di alam. Nitrogen merupakan salah satu unsur utama yang dibutuhkan oleh tanaman untuk pertumbuhan.  Anabaena, Gloeocapsa, dan Nostoc adalah contoh  Cyanophyta yang dapat mengikat nitrogen dari udara.

Kemampuannya mengikat nitrogen juga membuat Cyanophyta dapat berperan sebagai organisme perintis pada habitat yang miskin nutrisi, misalnya gurun dan batuan. Contoh lainnya adalah Anabaena azollae yang bersimbiosis dengan tumbuhan paku air Azolla pinata. Azolla pinata banyak dijumpai mengapung pada air di sawah. Jenis Cyanophyta tertentu seperti Spirulina berpotensi sebagai sumber pangan yang memiliki kandungan protein tinggi.


Tulisan terkait