Makrobentos Daerah Tropis

Makrobentos merupakan salah satu kelompok fauna yang memegang peranan penting di zona intertidal pesisir pantai tropis. Komunitas makrobentos tersusun dari spesies yang secara relatif memiliki umur panjang, dan secara temporal dapat menyatu dengan berbagai jenis fluktuasi lingkungan.

Komunitas makrobentos merupakan komponen yang penting bagi ekosistem estuaria. Organisme ini meregulasi kondisi fisik dan kimiawi pada permukaan sedimen air, meningkatkan dekomposisi bahan organik, mendaur ulang nutrisi untuk proses fotosintesis, dan transfer energi melalui komponen jaring-jaring makanan.

Beberapa spesies bivalvia (Donax) yang berada pada zona pasang surut melakukan migrasi ke atas dan ke bawah mengikuti pasang surut air laut sesuai dengan kemiringan pantai. Donax berasosiasi dengan beberapa makrobentos kecil, seperti Terebra, dan Polichaeta kecil (Sigalion, Urothoe, Spio). Di atas garis pantai, kepiting dari berbagai genera (Cardisoma, Gecarcinus, Coenobita) terkadang dapat dijumpai mencari makan.

Perbandingan komposisi phyletic dari biota bentos pada garis lintang yang tinggi dengan garis lintang yang lebih rendah menggambarkan bahwa lebih banyak organisme epifauna pada komunitas bentik tropis dibandingkan dengan daerah dengan garis lintang yang lebih tinggi.


Tulisan terkait