Peran Virus Dalam Kehidupan

Peranan virus dalam kehidupan manusia secara garis besar dibedakan menjadi dua, yaitu peran yang menguntungkan dan peran yang merugikan.

Peran Merugikan Virus Dalam Kehidupan
a). Pada Manusia : Virus ada yang bersifat merugikan sebab dapat menyebabkan penyakit pada manusia, antara lain penyebab penyakit cacar, penyakit poliomyelitis, penyakit influenza, penyakit campak, penyakit rabies, penyakit flu burung, paramyxovirus, penyebab penyakit gondong, dan penyakit AIDS.

b). Pada Hewan: virus juga dapat menimbulkan penyakit pada hewan, misal penyebab rabies pada anjing dan monyet, penyakit tetelo pada ayam, penyakit kuku dan mulut pada ternak (terutama sapi, kuda, dan kambing), dan penyakit cacar pada sapi.

c). Pada Tumbuhan: Virus dapat juga menyerang pada tumbuhan. Misalnya, menyerang tanaman tembakau, kentang, dan tomat; menyerang pada pembuluh tapis tanaman jeruk; menyebabkan tanaman padi kerdil.

Peran Menguntungkan Virus Dalam Kehidupan
a). Berperan dalam bioteknologi. Contoh Baculovirus dapat digunakan sebagai pestisida  biologis untuk membunuh serangga pada tanaman budidaya.

b). Berperan dalam pembuatan vaksin, yaitu virus dilemahkan terlebih dahulu kemudian dimasukkan kedalam tubuh yang berfungsi untuk membangkitkan atau meningkatkan kerja  sistem kekebalan tubuh.

Teknik Pembuatan Vaksin, ada beberapa teknik yang digunakan dalam produksi vaksin, antara lain :
a). Inaktivasi vaksin dengan menggunakan formalin (vaksin tifoid dan polio).

b). Menggunkan bagian tertentu dari antigen mikroorganisme penyebab penyakit untuk memicu respon imun.

c). Melemahkan mikroorganisme hidup dengan merekayasa kondisi pertumbuhannya.

d). Vaksin yang dibuat daru racun (toksin) yang sering disebut toksoid.

e). Menggunakan organisme yang hampir sama dengan virulen tetapi tidak menimbulkan gejala serius.

f). Teknik rekayasa genetika dilakukan dengan memanfaatkan gen dari mikroorganisme penyebab penyakit agar dapat menghasilkan antigen.


Tulisan terkait