Pengaruh Pasang Surut Terhadap Kehidupan Alga

Pasang surut adalah peristiwa naik turunnya permukaan laut secara periodik suatu interval tertentu. Pasang surut merupakan faktor lingkungan yang paling mempengaruhi kehidupan zone intertidal. Adanya kisaran keadaan lingkungan yang silih berganti secara periodik antara keadaan air (pada saat pasang). Faktor-faktor fisik pada keadaan ekstrim organisme masih bisa menempati perairan, akan menjadi faktor pembatas dan mematikan apabila air sebagai isolasi dihilangkan. Kombinasi pasang surut dan waktu, dapat menimbulkan dua akibat langsung yang nyata pada kehadiran dan organisasi komunitas intertidal sebagai berikut:

a). Perbedaan waktu yang relatif lama suatu daerah tertentu di intertidal berada di udara terbuka dengan lamanya terendam air. Lamanya terkena udara terbuka merupakan hal yang sangat penting, sebab pada waktu itu organisme laut berada pada kisaran suhu terbesar dan kemungkinan mengalami kekeringan (kehilangan air). Semakin lama kena udara, semakin besar mengalami suhu letal (mati) atau kehilangan air di luar batas kemampuannya dan semakin kecil kesempatannya untuk mencari makan sehingga menyebabkan organisme kekurangan energi.

b). Pengaruh pasang surut terjadi secara teratur dan dapat diramalkan. Pasang surut cenderung menimbulkan irama tertentu dalam kegiatan organisme pantai.

Pasang surut adalah gerakan naik turunnya muka laut secara berirama yang disebabkan oleh gaya tarik bulan dan matahari. Pengaruh matahari terlihat pada saat pasang purnama dan pasang perbani. Pasang purnama dan pasang bulan mati adalah pasang yang menunjukkan kisaran terbesar (baik naik maupun turun) dan terjadi bila bulan dan matahari terletak sejajar sehingga kedua gayanya bergabung. Pasang perbani adalah pasang dengan kisaran minimum dan terjadi bila matahari dan bulan membentuk sudut siku-siku sehingga gayanya saling menetralkan.

Pasang surut ada 3 macam antara lain:

1). Pasang surut diurnal artinya pasang surut yang terjadi dari satu pasang naik dan satu pasang surut.

2). Pasang surut semidiurnal artinya pasang surut yang mempunyai dua pasang naik dan dua pasang surut.

3). Pasang surut campuran artinya campuran antara pasang surut diurnal dengan pasang surut semidiurnal.


Tulisan terkait