Ukuran Dan Fungsi Eritrosit (Sel Darah Merah) Manusia

Besar Dan Ukuran Eritrosit
Eritrosit (sel darah merah) berbentuk cakram bikonkaf berdiameter kira-kira delapan mikron, tebalnya (bagian yang paling tebal) dua mikron, sedangkan bagian yang ada ditengah-tengah tebalnya satu micron atau kurang. Volume rata-rata eritrosit adalah sebesar 83 mikron kubik. Bentuk eritrosit dapat berubah sewaktu sel ini melewati kapiler darah. Sebenarnya eritrosit dapat dianggap sebagai kantong yang dapat berubah bentuk menjadi berbagai jenis bentuk.

Fungsi Eritrosit
Fungsi utama eritrosit adalah mengangkut oksigen. Dalam eritrosit terdapat hemoglobin (Hb), dan hemoglobin berfungsi mengikat oksigen (HbO2). Disamping itu hemoglobin juga berikatan dengan karbondioksida (HbCO2). Fungsi lain dari eritrosit adalah sebagai penyangga asam basa (acid-base buffer) yang utama dalam tubuh. Eritrosit banyak sekali mengandung enzim karbonat anhidrase yang berfungsi mengkatalis reaksi CO2 + H2O, sehingga meningkatkan kecepatan reaksi beberapa ribu kali lipat. Disamping itu hemoglobin sebagai suatu protein juga merupakan senyawa penyangga asam basa.

Kosentrasi Eritrosit Dalam Darah
Pada laki-laki normal jumlah eritrosit rata-rata 5.200.000 (± 300.000) per milliliter darah, sedangkan pada perempuan yang normal jumlah eritrositnya adalah 4.700.000 (± 300.000). Jumlah eritrosit ini bervariasi pada kedua jenis kelamin dan pada perbedaan umur. Disamping itu variasi jumlah eritrosit juga dipengaruhi oleh ketinggian tempat tinggal seseorang. Hal ini tentu saja berkaitan dengan tekanan parsial oksigen yang berbeda antara daerah yang rendah dengan yang tinggi.

Jumlah Hemoglobin (Hb) Dalam Eritrosit
Eritrosit memiliki kemampuan untuk mengkosentrasikan hemoglobin dalam cairan selnya (stroma) sampai sekitar 34 gram per 100 ml. Jika hematokrit normal yaitu antara 40-45% dan jumlah hemoglobin dalam tiap-tiap sel darah merah normal pula, maka darah seorang laki-laki rata-rata mengandung 16 gram hemoglobin per 100 ml, sedangkan pada perempuan 14 gram. Tiap-tiap gram hemoglobin mampu mengikat kira-kira 1,39 ml oksigen. Karena itu, dalam tiap-tiap 100 ml darah yang normal pada laki-laki dapt mengangkut 21 ml oksigen dan pada perempuan 19 ml oksigen.


Tulisan terkait