Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Pengertian pertumbuhan adalah sintesis protoplasma, biasanya diikuti oleh perubahan bentuk dan penambahan massa yang dapat lebih besar dari penambahan plasma itu. Selain perubahan bentuk, pertumbuhan pada tumbuhan juga menyebabkan terjadinya perubahan aktivitas fisiologis, susunan biokimianya serta struktur dalamnya. Proses ini dinamakan diferensiasi.

Diferensiasi itu terjadi sebagai akibat perbedaan dalam pertambahan plasmanya, jenis organelnya, arah pembentangannya, pembentukan dinding selnya, kematian protoplasmanya dan seterusnya. Keseluruhan proses ini menyebabkan terjadinya perkembangan Pada tumbuhan tingkat tinggi, pertumbuhan merupakan gabungan antara pembentangan dan perbanyakan sel. Tempat berlangsungnya pertumbuhan hanya di meristem. Sel dewasa yang tumbuh kembali dinamakan meristem sekunder.

Perbedaan ukuran diantara organ- organ yang struktur anatominya sama dapat terjadi sebagai akibat perbedaan jumlah sel atau ukuran masing-masing sel penyusunnya. Untuk tumbuh diperlukan sejumlah persyaratan, antara lain tumbuhan harus berada dalam fase potensial tumbuh ( tidak dorman), tersedia atau mampu membentuk sendiri hormon tumbuh, serta lingkungan yang sesuai yaitu ada air, oksigen (zat hara) dan temperatur tepat. Semua faktor tersebut tadi, selain menjadi syarat terjadinya pertumbuhan juga mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan.


Tulisan terkait