Klasifikasi Enzim

Klasifikasi enzim secara sederhana didasarkan atas tipe reaksi kimia yang dikatalisis. Klasifikasi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

(1) Enzim Hidrolisis
Enzim hidrolisis mengkatalisis penambahan air ke ikatan spesifik dari substrat. Karena sebagian besar reaksi hidrolisis dapat balik, maka enzim hidrolisis juga dapat disebut enzim kondensasi atau sintesis. Contoh enzim ini antara lain , esterase, karbohidrase, protease.

(2) Enzim Oksidasi - Reduksi
Enzim ini mengkatalisis pengambilan atau penambahan hidrogen, oksigen atau elektron dari atau ke substrat, melalui proses oksidasi atau reduksi. Enzim ini menepati posisi utama dalam metabolisme sel. Contoh, enzim dihidrogenasi dan oksidase.


(3) Fosforilase
Enzim ini mengkatalisis pemecahan secara fosforolisis suatu ikatan spesifik pada suatu substrat. Reaksi ini dapat bolak - balik. Aktivitas enzim ini analog dengan enzim hidrolisis, kecuali yang ditambahkan asam fosfat dan bukan air. Contoh enzim Fosforilase.

(4) Transferrase
Enzim ini mengkatalisis pemindahan satu gugus dari satu molekul donor ke satu molekul akseptor. Kelompok enzim ini adalah transglikosidase, transpeptidase, transaminase, transmetilase dan transasilase.

(5) Karboksilase
Enzim ini mengkatalisis pengembalian atau penambahan karbondioksida. Contoh glutamate dikarboksilase.

(6) Isomerase
Enzim ini mengkatalisis perubahan gula aldose menjadi gula ketose. Contoh Isomerase.

(7) Epimerase
Enzim ini mengkatalisis perubahan satu gula atau satu derivat gula menjadi epimernya. Contoh Epimerase.


Tulisan terkait