Fotosintesis Pada Spesies Sukulen (Metabolisme Asam Crassulaceae)

Sejumlah spesies sukulen yang hidup di daerah yang beriklim kering mempunyai daun tebal dengan ratio permukaan terhadap volume rendah dandengan laju transpirasi rendah. Sel-selnya mempunyai vakuola relatif besar dan lapisan sitoplasma tipis. Stomata banyak tumbuhan sukulen membuka dan memfiksasi CO2 menjadi asam organik pada malam hari. Pada malam hari kadar asamnya meningkat dengan nyata dan pada siang hari kadar asam tersebut menurun. Metabolisme seperti mi disebut metabolisme asam crassulaceae.

Pola metabolisme asam crassulaceae  melibatkan sintesis asam malat oleh β karboksilasi pada malam hari dan penguraian asam malat pada siang hari untuk melepaskan CO2 yang digunakan untuk fotosintesis. Model fiksasi CO2 dalam tumbuhan yang melakukan metabolism asam crassulaceae (Crassulaceae Acid Metabolism/CAM)  Pada waktu gelap, pati diuraikan melalui glikolisis hingga terbentuk PEP. CO2 kemudian bereaksi dengan PEP membentuk oksaloasetat.

Selanjutnya oksaloasetat direduksi menjaui malat oleh malat dehidrogenase bergantung NADH2 Sebagian besar malat dipindahkan dan disimpan dalam vakuola sebagai asam malat hingga siang hari. Siang hari asam malat berdifusi dari vakuola dan didekarboksilasi.  CO2 yang dilepaskan difiksasi kembali oleh RuBP karboksilase membentuk PGA dari daur Calvin, yang kemudian diubah menjadi sukrosa, pati dan hasil-hasil fotosintesis lainnya.

Piruvat yang dibentuk oleh dekarboksilasi diubah menjadi PEP oleh piruvat fosfat dikinase, seperti pada tumbuhan C 4. Kemudian sebagian PEP digunakan dalam respirasi, sebagian diubah menjadi gula dan pati oleh kebalikan glikolisis dan sebagian lagi diubah menjadi asam amino, protein, asam nukleat, dan lain-lain.

Perbedaan prinsip yang terjadi antara tumbuhan C4 dengan tumbuhan CAM disamping membukanya stomata pada malam hari adalah dalam tumbuhan C4 terdapat pemisahan tempat antara sel-sel mesofil dan sel-sel seludang parenkim untuk pembentukan dan dekarboksilasi malat, dan kedua proses berlangsung pada siang hari, sedangkan pada tumbuhan CAM kedua proses terjadi pada sel yang sama, namun satu proses terjadi malam hari dan yang lain siang hari.


Tulisan terkait