Jaringan Tumbuhan Yang Dilalui Air

Air yang diserap bulu akar dan sel epidermis yang berdekatan dengan bulu akar tersebut diteruskan ke sel-sel korteks akar, endodermis, perisikel sampai ke Xilem akar. Jalur ini dinamakan transport ekstra vaskuler karena tidak melalui jaringan pengangkut.

Air yang melalui plasma sel satu ke plasma sel berikutnya dinamakan arus simplas dan lewat melalui dinding sel dan ruang antar sel disebut arus apoplas. Arus apoplas ini hanya sampai endodermis karena dinding sel endodermis mempunyai penebalan lignin yang tidak tembus air yang disebut pita Caspary atau karena penebalan lebih lanjut, sehingga air harus melewati plasma.

Air yang sudah berada pada Xilem akar selanjutnya diteruskan ke Xilem batang yang bersambungan dengan xilem akar pada leher akar. Proses tranportasi ini disebut tranportasi intra vaskuler. Dalam perjalanan selanjutnya air dapat meninggalkan xilem untuk bergerak arah radial batang lewat parenkim xilem atau jari - jari empulur menuju korteks batang.

Di daun, xilem dari tangkai daun akan terbagi menjadi berkas pengangkut sederhana yang diselubungi oleh vagina berkas pengangkut berupa parenkim dengan kloroplas pada tumbuhan C4 dan atau sklerenkim pada tumbuhan C3. Dari trakeid tulang daun air memasuki sel mesofil untuk digunakan pada metabolisme atau menguap memasuki ruang antar sel dan berdifusi keluar melalui stomata.


Tulisan terkait