Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Transpirasi Tumbuhan

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan transpirasi dapat berupa faktor dalam atau faktor struktur dan faktor luar atau lingkungan.

a.Faktor dalam atau faktor struktur
a1. Jumlah stomata tiap satuan luas permukaan daun. Besamya tergantung kepada jenis dan faktor lingkungan pada saat daun itu berkembang. jumlah stomata, sering dinvatakan dengan indek stoma. yaitu perbandingan antara jumlalr stoma dengan jumlah stomata dan sel epidermis pada luas tertentu.

a2. Struktur anatomi daun. Daun kadang - kadang memiliki alat tambahan berupa lapisan kutikula yang tebaL adanya trikomata, letak stomata tersembunyi yang dapat menghambat transpirasi.

a3. Sel daun mempunyai potensial osmotik tinggi sehingga air tidak mudah menguap. Misal cairan sel bersifat lendir pada tanaman kering.

b.Faktor luar atau lingkungan
b1. Kelembaban udara. Kelembaban udara yang rendah akan membuat perbedaan potensial air antara isi sel dan udara menjadi besar, sehingga mempercepat penyerapan dan difusi uap air ke udara luar.
b2. Temperatur. Kenaikan temperatur mempercepat transpirasi karena mempercepat evaporasi dari permukaan sel mesofil. Di sisi lain kenaikan temperatur akan menurunkan kelembaban.

b3. Kecepatan angin. Angin akan memindahkan uap air dari permukaan daun sehingga menurunkan kelembaban, mempercepat penguapan. Bila angin kencang dan terus menerus, transpirasi berkurang akibat stomata menutup.

b4. Cahaya. Cahaya dapat mempengaruhi membukanya stomata dan menaikkan-temperatur, sehingga transpirasi meningkat. Dalam hal ini cahaya tidak berpengaruh langsung pada transpirasi.

b5. Penyediaan air. Apabila air tanah sedikit, air pada sel menurun, stomata menutup, transpirasi menurun.

b6.Aktivitas Vital. Aktivitas vital adalah aktivitas suatu kehidupan antara lain metabolisme yang menghasilkan energi, dapat mempercepat transpirasi.


Tulisan terkait