Beberapa Sifat Air Yang Penting Bagi Kehidupan

Air memiliki sifat - sifat fisika yang penting bagi kehidupan tumbuhan maupun organisme lainnya. Sifat - sifat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Berbentuk cair pada suhu kamar. Dalam kimia ada gejala bahwa apabila berat molekul suatu senyawa/elemen makin tinggi, ada kecendrungan senyawa tersebut berbentuk cair atau padat. Tetapi sebaliknya bila berat molekulnya makin kecil senyawa tersebut cendrung berbentuk cair atau gas. Kehadiran air (BM =18) pada suhu kamar tidak merusak atau toksik pada tumbuhan maupun organisme lain, merupakan sifat yang sangat penting bagi kehidupan. Air memiliki sifat tidak dapat dimampatkan. 

2. Panas jenis air yang Relatif besar. Untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1°C, diperlukan panas 1 kalori, suatu jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan zat lain yang setara. Dengan sifat panas jenis ini, air dapat menyerap sejumlah besar energi tanpa banyak menaikkan suhu, sehingga tubuh tumbuhan (organisme) tersebut menjadi lebih stabil. dan metabolisme menjadi stabil pula.

3. Mengembang pada Waktu Membeku. Sifat air yang mengambang pada waktu membeku menyebabkan pada daerah perairan, air yang membeku hanya terjadi dipermukaan saja, sedang di dasarnya tetap cair. Sehingga organisme yang hidup diperairan tersebut terselamatkan. 

4. Viskositas. Air memiliki viskositas yang rendah sehingga dapat dengan mudah mengalir. Hal ini sangat penting dalam sistem transporasi pada tumbuhan. 

5. Adhesi dan Kohesi. Adhesi adalah kemampuan suatu, molekul untuk berikatan dengan molekul lain. Kohesi adalah kemampuan suatu molekul berikatan dengan molekul yang sama (molekul itu sendiri). Molekul air mempunyai sifat adhesi yang kuat dengan molekul amilum, selulosa dan lain - lain, sehingga sangat membantu dalam proses angkutan air dalam Xilem. Kohesi air yang kuat sangat membantu proses penyerapan air dari akar kepucuk tumbuhan yang tinggi (teori benang air).  

6. Panas laten penguapan dan pencairan. Panas laten penguapan adalah panas yang diperlukan untuk menguapkan 1 gram air pada suhu 20°C, yang besamya 586 kalori. Untuk menghilangkan panas sebanyak 586 kalori. cukup dengan menguapkan air sebanyak 1 - gram es (0°C) mencair, yang besamya 80 kalori. Kenyataan ini dapat lebih mempercepat proses caimya es pada daerah perairan yang membeku.


Tulisan terkait