Faktor Penyebab Penyakit Kanker

Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker, sebagai berikut :

Faktor keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 sampai dengan 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.

Faktor Lingkungan
Ada beberapa faktor lingkungan yang dapat menyebabkan kanker yaitu:

1). Merokok sigaret meningkatkan resiko terjadinya kanker paru -paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih.

2). Sinar Ultraviolet dari matahari

3). Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau jarak yang sangat jauh. Contoh, orang yang selamat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II, berisiko tinggi menderita kanker sel darah, seperti Leukemia.

Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.
Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah :

1). Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung.

2). Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.

3). Zat pewarna makanan

4). Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dan sebagainya.

6). Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.

Virus
Virus yang dapat dan dicurigai menyebabkan kanker antara lain :

1). Virus Papilloma menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) agaknya merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita.

2). Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah).

3). Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati.

4). Virus Epstein : Bar (di Afrika) menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China virus ini menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. Ini terjadi karena faktor lingkungan dan genetik.

5). Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya.

Infeksi
1). Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih. Namun penyebab iritasi menahun lainnya tidak menyebabkan kanker.

2). Infeksi oleh Clonorchis yang menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.

3). Helicobacter Pylori adalah suatu bakteri yang mungkin merupakan penyebab kanker lambung, dan diduga bakteri ini menyebabkan cedera dan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel.

Faktor perilaku
1). Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol.

2). Perilaku seksual yaitu melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan.

Gangguan keseimbangan hormonal
Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. - Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria.

Faktor kejiwaan, emosional
Stres yang berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.

Radikal bebas
Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber - sumber radikal bebas yaitu :

1). Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme.

2). Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari.

3). Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, psikologis,maupun biologis.

Kanker memiliki banyak penyebab tergantung dari lokasinya. Beberapa penyakit kanker tersebut adalah :


1). Kanker hati,
Penyebab utama keruskan pada hati adalah tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang,tidak buang air di pagi hari,pola makan yang terlalu berlebihan, tidak makan pagi,terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan,penggunaan minyak goreng yang tidak sehat. Mengkonsumsi masakan mentah juga menambah beban hati.

Kanker hati ( karsinoma hepatoseluler ) disebabkan adanya infeksi hepatitis B kronis apabila terjadi dalam jangka waktu lama. Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B yang menyerang hati. Selain itu hepatitis B dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan pengerasan hati ( sirosis ) bahkan menyebabkan kematian.

2). Kanker Prostat
Sebagian kaum laki-laki perlu tahu penyebab dari penyakit kanker prostat ini dikarenakan penyakit kanker prostat salah satu penyakit yang cukup membuat penderitanya menderita. Seperti yang kita ketahui bahwa kelenjar prostat adalah kelenjar kelamin pada pria yang memproduksi sperma. Dalam menjalankan funsinya kelenjar prostat memerlukan hormone testoteron yang dihasilkan oleh testis.

Kelenjar prostat terbentuk olah beberapa jenis sel yang secara normal akan membelah secara teratur. Apabila pembelahan berlebihan maka terjadi pembesaran kelenjar yang bersifat jinak maupun ganas. Penyebab pasti kanker prostat belum diketahui tetapi ada beberapa keadaan yang menjadi factor resiko untuk terjadinya keganasan pada kelenjar prostat yaitu :

a). Usia di atas 50 tahun
b). Diet tinggi lemak
c). Pembesaran prostat jinak
d). Infeksi virus yang ditularkan melalui hubungan kelamin
e). Riwayat kanker prostat dalam keluarga

3). Kanker Serviks
Kanker serviks atau lebih dikenal dengan istilah kanker leher rahim adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim, perubahan untuk menjadi sel kanker memakan waktu lama sekitar 10 sampai 15 tahun. Kanker ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia kisaran 30 sampai dengan 50 tahun, yaitu puncak usia reproduktif perempuan sehingga akan menyebabkan gangguan kualitas hidup secara fisik,kejiwaan, dan kesehatan seksual.  Kanker serviks ini disebabkan oleh Human Ppilloma virus atau HPV. Virus inibersifat onkogenik ( menyebabkan kanker ). HPV ini ditularkan melalui hubungan seksual dan melalui penggunaan barang pribadi yang bersamaan misalnya penggunaan handuk bersama atau pakaian bersama. Faktor-faktor yang mendukung timbulnya kanker serviks antara lain :

a). Menikah di usia muda
b). Merokok
c). Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang
d). Kehamilan sering
e). Penyakit menular seksual.

4). Kanker Otak
Kanker otak itu penyebabnya banyak sekali. Segala sesuatu yang membuat otak kita mendapat paparan bisa bisa menjadi pencetusnya. Faktor penyebab kanker otak dari dalam yaitu:

a). Genetik keturunan,apabial ada garis keturunan yang menderita kanker otak maka hati-hati untuk tetap menjaga kesehatannya.

 b). Riwayat truma atau benturan, benturan di kepala walaupun cidera kepala ringan tetap waspada, perubahan jaringan yang terbentur bisa juga menjadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal di otak.

Faktor-faktor penyebab kanker otak dari luar yaitu :
a). Pola hidup, pola hidup yang tidak sehat bisa juga menjadi penyebab kanker secara umum, seperti merokok, makanan kurang serat dll

b). Karsinogenik, bahan karsinogenik secara umum juga menjadi penyebab kanker, seperti minyak goreng yang dipakai berulang-ulang,bahan kimia yang terhirup atau tercampur pada makanan.

c). Radiasi, radiasi bahan-bahan kimia juga bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

5). Kanker Rahim
Kanker rahim merupakan salah satu jenis kanker yang menakutkan bagi seorang perempuan. Penyebab kanker ini antara lain hubungan intim di bawah usia 17 tahun. Penyakit ini muncul karena sel-sel epitel pada dinding rahim berkembang tidak normal. Seperti penyakit kanker lainnya, penyebab kanker rahim inipun belum diketahui secara pasti.

Beberapa penelitian kemudian menyebutkan bahwa kanker ini disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus yang muncul antara lain karena perilaku sering berganti-ganti   pasangan seks. Virus ini hidup di daerah yang lembab persisinya dalam cairann vagina yang diidap oleh penderita keputihan. Jika keputihan ini tidak  segera membaik maka virus ini bisa memunculkan kanker rahim. Biasanya keadaan ini ditandai dengan banyaknya  cairan keputihan yang disertai bau tidak sedap dan pendarahan yang keluar dari vagina.

6). Kanker usus
Sejauh ini penyebab kanker usus besar memang belum diketahui secara pasti. Hanya saja beberapa hal yang diduga kuat berpotensi memunculkan penyakit ganas ini yaitu cara diet yang salah, obesitas, pernah terkena kanker usus besar, berasal dari keluarga yang memiliki riwayat kanker usus besar,pernah memiliki polip di usus, umur , jarang melakukan aktivitas fisik, merokok.

Mengenai gejala kanker usus besar beberapa hal yang sering dikeluhkan pada penderita yaitu, pendarahan pada usus besar yang ditandai dengan ditemukannya darah pad feses saat buang air besar. Perubahan pada fungsi usus tanpa sebab yang jelas lebih dari enam minggu. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Rasa sakit perut atau bagian belakang. Perut masih terasa penuh meskipun sudah buang air besar. Rasa lelah yang terus –menerus.

7). Kanker Payudara
Penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti tetapi ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mungkin menderita kanker payudara. Beberapa faktor resiko yang berpengaruh adalah :

a). Usia, sekitar 60% knker payudara terjadi pada usia di atas 60 tahun. Resiko terbesar ditemukan pada wanita berusia di atas 75 tahun.

b). Pernah menderita kanker payudara. Setelah payudara yang terkena diangkat,maka resiko terjadinya kanker pada payudara yang sehat meningkat sebesar 0,5 – 1%/ tahun.

c). Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara. Wanita yang ibu,saudara perempuan atau anaknya menderita kanker memiliki risiko 3 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara.

d). Faktor genetic dan hormonal.

e). Pemakaian alcohol.

f). DES. Wanita yang mengkonsumsi DES untuk mencegah keguguran memiliki risiko tinggi menderita kanker payudara.

g). penyinaran

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan adalah benjolan atau massa di ketiak,perubahan ukuran bentuk payudara,keluar cairan yang abnormal dari putting susu,perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara,payudara tampak kemerahan. Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang,penurunan berat badan, pembengkakakan lengan atau ulserasi kulit.

8). Kanker Darah
Perkembangan leukemia atau kanker darah sekarang ini belum dapat dideteksi secara dini dan penyebabnya belum bisa dideteksi. Penyakit ini merupakan kanker yang mematikan dan belum bisa dicegah dan cara penyembuhannyapun masih menjadi bahan perdebatan. Ada beberapa zat dan bahan penyebab yang bisa menimbulkan kanker. Ada juga beberpa makanan yang akrab dalam keseharian masyarakat yang diduga dapat menjadi pemicu timbulnya kanker darah seperti ikan asin,ikan teri,oncom dan tempoyak.

Kanker darah adalah suatu penyakit proliferasi neoplastik yang sangat cepat dan progresif yang ditandai oleh proliferasi abnormal dari sel-sel hematopoitik yang menyebabkan infiltrasi yang progresif pada sumsum tulang. Proses diferensiasi dari sel-sel leukemia ini biasanya tidak matang.

Akumulasi sel abnormal dari sel blast jenis tertentu akan menimbulkan gangguan system pembentukan hormone sel darah merah, gangguan system untuk pembentukan likosit dan gangguan system pembentukan trombosit . kanker darah tidak menular dan bukan merupakan penyakit keturunan, tetapi kanker darah itu bersifat familiar.


Tulisan terkait