Download Laporan Praktikum Uji Aktivitas Enzim Papain

Berikut ini adalah laporan praktikum tentang Uji Aktivitas Enzim Papain. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, laporan praktikum tersebut bisa anda download disini. Berikut adalah gambaran tentang laporan praktikum Uji Aktivitas Enzim Papain yang dimaksud.

I. Judul  Pratikum : Uji Aktivitas Enzim Papain

II. Tujuan Pratikum
a). Mengidentifikasi aktivitas enzim papain
b). Mengidentifikasi factor apa yang mempengaruhi aktivitas enzim papain

III. Landasan Teori 
Pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman yang banyak dikenal oleh orang. Beberapa kegunaannya yaitu sumber vitamin serta sumber protease. Dalam getah pepaya terkandung enzim - enzim protease (pengurai protein) diantaranya papain dan kimopapain. Enzim ini paling banyak diperoleh dari getah buah pepaya yang masih muda, untuk dapat memanfaatkan enzim ini maka dilakukan berbagai pengolahan getah.

Getah pepaya (papain) cukup banyak mengandung berbagai macam enzim yang bersifat proteolotik (pengurai protein). Enzim akan mengkatalis ikatan peptida atau protein menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana seperti asam amino. Enzim papain sebagai salah satu pengganti enzim renet mempunyai beberapa kelebihan antara lain lebih mudah didapat, tersedia dalam jumlah banyak, lebih tahan terhadap kondisi asam dan kondisi basa, suhu tinggi serta harganya murah.

Enzim papain sebagai protease sulfhidril dapat diaktifkan oleh zat – zat pereduksi dan menjadi tidak aktif jika terdapat zat pengoksidasi. Enzim papain memutus ikatan peptida pada residu asparagin-glutamin, glutamat-alanin, leusin-valin, dan fenilalanin-tirosin……..dst)


Tulisan terkait