Download Laporan Praktikum Uji Kuantitatif Vitamin C

Berikut ini adalah laporan praktikum tentang Uji Kuantitatif Vitamin C. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, laporan praktikum tersebut bisa anda download disini. Berikut adalah gambaran tentang laporan praktikum Uji Kuantitatif Vitamin C yang dimaksud.

I. Judul pratikum: Uji kuantitatif vitamin C

II. Tujuan pratikum
a). Untuk menentukan kadar vitamin C dalam berbagai jenis bahan
b). Mengamati perubahan warna hasil reaksi antara vitamin C dengan Amilum Iodida (AI)

II. Landasan teori
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan.

Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam.  Buah-buahan, seperti jeruk, merupakan sumber utama vitamin ini.

Selama ini vitamin C atau asam askorbat dikenal peranannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Vitamin C juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran.  Sebagai antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Melalui pengaruh pencahar, vitamini ini juga dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran. Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan, pembentukan nitrosamin…..…dst)


Tulisan terkait