Tujuan Kultivasi Mikroba

(Artikel Tujuan Kultivasi Mikroba ini adalah bagian dari makalah dengan judul Kultivasi Mikroba. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, makalah Kultivasi Mikroba tersebut bisa anda DOWNLOAD DISINI)

Mikroba merupakan organisme yang menarik untuk diteliti kehidupannya karena materi genetiknya yang cukup sederhana dan peranannya yang besar dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, diciptakanlah suatu  metode kultivasi atau metode pembiakan mikroba secara in vitro di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk mengetahui atau mempelajari  pertumbuhan, morfologi, dan sifat fisiologis mikroba. Beberapa indikasi kultivasi atau pembiakan pada laboratorium mikrobiologi meliputi:

a). Pengasingan (isolasi) mikroba pada biakan bakteri
b). Menunjukkan sifat khas mikroba.
c). Untuk menentukan jenis mikroba yang diisolasi dengan cara-cara tertentu.
d). Mendapatkan bahan biakan yang cukup untuk membuat antigen dan percobaan serologi lainnya.
e). Menentukan kepekaan mikroba, khususnya yang bersifat patogenik terhadap antibiotik.
f). Menghitung jumlah mikroba.
g). Mempertahankan biakan mikroba, khususnya biakan murni.

Metode kultivasi merupakan metode untuk melipatgandakan jumlah mikroba dengan membiarkan mereka berkembang biak dalam media biakan yang telah disiapkan di bawah kondisi laboratorium terkendali. Kultur mikroba digunakan untuk menentukan jenis organisme dengan kelimpahan dalam sampel yang diuji, atau keduanya. Ini adalah salah satu metode mikrobiologi yang digunakan sebagai metode diagnosis untuk menentukan penyebab penyakit infeksi dengan membiarkan agen infeksi berkembang biak dalam media yang telah disiapkan, seperti yang tertuang dalam Postulat Koch. (DOWNLOAD)

Tulisan terkait