Download Laporan Praktikum Analisis Karakteristik Urin

Berikut ini adalah laporan praktikum Analisis Karakteristik Urin. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, laporan praktikum tersebut bisa anda download di link bawah tulisan ini. Berikut adalah gambaran tentang laporan praktikum Analisis Karakteristik Urin yang dimaksud.

I. Judul Praktikum : ANALISIS KARAKTERISTIK URIN

II. Tujuan Praktikum : Untuk mengetahui karakteristik urin meliputi kejernihan, warna, pH, kandungan protein dan glukosa

III. Landasan Teori
Metabolisme yang berlangsung di dalam tubuh menghasilkan zat sisa yang harus segera dikeluarkan dari dalam tubuh karena dapat mengganggu homeostatis. Pengeluaran zat-zat sisa metabolisme dapat melalui ginjal (ren), paru-paru (pulmo), kulit (integumen), hati (hepar), dan usus besar (colon) (Citrawathi, 2001). Ginjal mammalia (manusia) mempunyai dua daerah berbeda, yaitu korteks renal di bagian luar dan medula renal dibagian dalam yang dibungkus oleh tubula ekskresi mikroskopis, yang disebut dengan nefron, dan duktus pengumpul dimana keduanya berkaitan dengan pembuluh-pembuluh darah kecil. Nefron merupakan unit fungsional ginjal vertebrata yang terdiri atas sebuah tubulus panjang tunggal dan sebuah bola kapiler yang disebut dengan glomerulus. Ujung buntu tubulus itu membentuk pembengkakan mirip piala yang disebut kapsula bowman yang mengelilingi glomerulus……..….dst)


Tulisan terkait