Download Laporan Praktikum Pengamatan Jaringan Otot

Berikut adalah laporan Praktikum Pengamatan Jaringan Otot. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, laporan praktikum tersebut bisa anda download di link bawah tulisan ini. Berikut adalah gambaran tentang Praktikum Pengamatan Jaringan Otot yang dimaksud.

I. Judul Praktikum : Pengamatan Jaringan Otot Manusia

II. Landasan Teori :
Jaringan otot mempunyai struktur yang sesuai dengan peranan fisologisnya tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu bertanggung jawab terhadap gerakan tubuh. Sel otot berasal dari mesoderm, dan diferensiasinya  terjadi melalui proses pemanjangan disertai dengan pembuatan myofibril. Berdasarkan ciri morfologis dan fungsionalnya, jaringan otot pada mamalia dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu otot polos (Musculus Nonstreata), otot lurik (Musculus Streata) dan  otot jantung (Musculus Cardiac).

Musculus Nonstreata terdiri atas sel yang panjang dan tidak memiliki garis melintang. Proses kontraksi otot polos lambat dan bersifat involunter (tidak sadar). Dibungkus oleh lamina basalis dan jalinan serat retikuler (endomisium) yang berfungsi menggabungkan kekuatan saat Musculus Nonstreata berkontraksi, misalnya saat terjadi gerak  peristaltis dalam usus. Sel-sel ototnya berbentuk fusiformis yaitu sel otot paling lebar berada di tengah dan meruncing pada kedua ujungnya, memiliki ukuran 20 mikrometer sampai 500 mikrometer, nukleusnya pipih, tunggal dan terletak ditengah….…..dst)


Tulisan terkait