Download Laporan Praktikum Isolasi Mikroorganisme Tanah Penambat Nitrogen

Berikut adalah laporan Praktikum Isolasi Mikroorganisme Tanah Penambat  Nitrogen. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, laporan praktikum tersebut bisa anda download di link bawah tulisan ini. Berikut adalah gambaran tentang Praktikum Isolasi Mikroorganisme Tanah Penambat  Nitrogen yang dimaksud.

I. Judul Praktikum : Isolasi Mikroorganisme Tanah Penambat  Nitrogen

II Tujuan Praktikum : Mengisolasi mikoorganisme penambat nitrogen yang bersimbiosis dengan akar tanaman Leguminosae yang terdapat dalam tanah

III. Landasan Teori  :
Mikroorganisme yang menghuni ekosistem menunjukkan bermacam-macam tipe asosiasi dan interaksi antar spesies. Hubungan antar spesies ini biasanya disebut dengan simbiosis.Ada yang bersifat netral, ada yang diuntungkan dari interaksi itu dan ada yang dirugikan dari hubungan tersebut. Hal ini dapat terlihat dari hubungan yang dilakukan oleh bakteri Rhizobium dengan tanaman kacang-kacangan yang berperan dalam penambatan nitrogen.

Rhizobium merupakan anggota utama dari komunitas Rhizophere. Bakteri ini memiliki banyak plasmid yang digunakan untuk mendeteksi informasi pada Rhizobium tumbuh sebagai organism yang hidup bebas di dalam tanah, tetapi sangat penting untuk menginfeksi tanaman inang. Kolonisasi bakteri Rhizobium terjadi karena adanya sesuatu protein tanaman yang disebut dengan lektin. Dalam perkembangannya simbiosis pada tanaman legume yang dikontrol oleh protein regulator (flavanoid). Sinyal falvonoid ini akan mengaktifkan gen nod (gen regulator) dari bakteri Rhizobium. Selanjutnya gen nod mengaktifkan traskripsi enzim untuk metabolisme. Enzim ini menghasilkan zat chitinlike yang disebut nod faktor yang berperan dalam menjembatani perkembangan infeksi pada proses pembentukan bintil akar.  


Tulisan terkait