Ciri-Ciri Kelas Aves (Burung)

(Tulisan Ciri-Ciri Kelas Aves (Burung) adalah bagian dari artikel dengan judul Paruh Burung Pencabik Daging (Meat Tearer). Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, makalah tersebut bisa anda DOWNLOAD DISINI.

Dari semua jenis hewan, burung (kelas Aves) termasuk salah satu hewan yang mudah dikenal oleh manusia karena keunikanya. Struktur yang paling menonjol pada burung adalah bulu yang khas (feathers). Berfungsi sebagai penutup tubuh dan sebagai isolator yang ikut mengatur suhu tubuh. Fungsi lainnya adalah membantu proses saat terbang. Kemampuan terbang memungkinkan burung mendiami beberapa habitat yang tidak terjangkau oleh hewan lain. Warna dan suara burung yang indah sangat menarik perhatian manusia. Nama burung yang klasik dalam bahasa Yunani adalah ornis, dan dalam bahasa latin adalah aves. Studi tentang burung disebut ornithologi.

Adapun ciri-ciri dari Kelas Aves adalah sebagai berikut :
a). Tubuhnya tertutup oleh bulu yang khas (feathers)

b). Anggota gerak (tungkai) dua pasang. Tungkai depan berupa sayap yang berfungsi untuk terbang. Tungkai belakang berfungsi untuk bertengger, berjalan atau berenang. Tiap-tiap kaki umumnya mempunyai empat buah jari.

c). Kerangkanya merupakan material yang tipis, kuat dan mengalami osifikasi yang sempurna.

d). Mulutnya berupa paruh yang menonjol dengan selubung zat tanduk.

e). Jantung terdiri dari empat ruangan (dua buah antrium dan dua buah ventriculus). Eritrosit bernukleus dengan bentuk oval dan bikonveks.

f). Bernafas dengan paru-paru dan memiliki kantong-kantong udara, kotak suara (syrinx) terdapat pada pangkal trachea.

e). Kantong air seni tidak ada, hasil ekskresi setengah padat, burung betina umumnya hanya mempunyai ovarium dan oviduct sebelah kiri saja.

f). Nervus cranialis ada 12 pasang.

g). Suhu tubuh teratur sehingga relatif tetap (homoiotherm).

h). Fertilisasinya berlangsung di dalam tubuh burung betina. Sel telur ini dibungkus oleh cangkang  yang keras. Dalam perkembangan embrionalnya terdapat selaput seperti amnion, chorion, yolk sac dan allantois.

Tulisan terkait