Download Laporan Praktikum Pengamatan Jaringan Epitelium

Berikut adalah laporan Praktikum Pengamatan Jaringan Epitelium. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, laporan praktikum tersebut bisa anda download di link bawah tulisan ini. Berikut adalah gambaran tentang Praktikum Pengamatan Jaringan Epitelium yang dimaksud.

I. Judul Praktikum : Pengamatan Berbagai Bentuk Jaringan Epitelium Manusia

II. Landasan Teori :
Jaringan (tissue) merupakan struktur yang dibangun oleh integrasi sel-sel dengan sifat-sifat morfologi dan fungsi yang sama. Salah satu dari empat jaringan utama yang menyusun tubuh organisme tingkat tinggi (hewan) adalah jaringan epitel. Jaringan epitel (epithelial tissue) ini memiliki fungsi utama sebagai : pelindung sel tersebut dari kerusakan fisik, kimiawi maupun biologis.

Setiap jaringan epitel memiliki struktur lempengan matriks ekstraseluler yang padat yang disebut membrana basalis yang menghubungkan jaringan epitelium dengan jaringan ikat yang berada di bawahnya. Fungsi dari membrana basalis ini adalah: mengorganisasikan peristiwa-peristiwa berurutan pada metabolisme sel, menyaring buangan darah ke ginjal, dan menyediakan jalur perpindahan sel-sel selama perkembangan. Membrana basalis tersusun dari lamina basalis (mengandung kolagen protein dan komleks-kompleks protein polisakarida amorf) dan serabut retikuler.


Tulisan terkait