Leukimia

Leukimia adalah suatu penyakit yang ditandai oleh meningkatnya jumlah  leukosit abnormal yang ada dalam darah. Leukemia disebabkan oleh mutasi yang mengarah kanker dari sel mieogenosa dan  sel limfogenosa. Sel mieogenesa dan sel limfogenesa memproduksi sel-sel yang bersifat kanker kemudian menyebar ke seluruh tubuh. 

Seseorang yang menderita leukemia mengalami pergantian sumsum tulang yang normal oleh sel-sel leukimia sehingga penderita mengalami infeksi, anemia berat, dan pendarahan akibat kekurangan trombosit. Pertumbuhan sel leukemia yang sangat pesat memerlukan banyak bahan makanan terutama asam amino dan vitamin sehingga energi penderita sangat berkurang akibatnya jaringan lain bertambah lemah. 

Penderita leukemia akan meninggal setelah mengalami kelaparan metabolisme yang cukup lama. Leukima dapat disembuhkan. Semakin dini kanker ditemukan maka semakin besar kemungkinan leukemia dapat disembuhkan.  Leukemia dapat diobati dengan kemoterapi, penyinaran, dan dengan transplantasi bone marrow atau sumsum tulang.


Tulisan terkait