Evolusi Manusia

Evolusi Manusia merupakan suatu proses perubahan yang memakan waktu panjang dimana manusia berasal dari nenek moyang seperti kera tak berekor. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa ciri fisik dan tingkah laku manusia telah berubah meningkat, dimana hal tersebut telah berlangsung sejak 6 juta tahun yang lalu.

Salah satu ciri awal yang melukiskan evolusi manusia adalah perubahan pergerakan dimana manusia menjadi berjalan dengan dua kaki lebih dari 4 juta tahun yang lalu. Ciri penting yang lain, perubahan ukuran otak menjadi lebih kompleks dan besar, kemampuan untuk membuat dan menggunakan perkakas, dan kapasitas untuk berkomunikasi lebih baik. Tidak sedikit ditemukan kebudayaan manusia kuno.

Evolusi manusia atau Anthropogenesis, merupakan bagian dari evolusi biologi yang mengenai munculnya Homo sapiens. Ini merupakan subyek yang luas dari penyelidikan ilmiah yang berusaha memahami dan menjelaskan bagaimana perubahan ini terjadi. Studi dari evolusi manusia meliputi berbagai ilmu pengetahuan, terutama fisik antropologi, linguistik dan genetika. Beberapa typological spesies Homo telah berkembang. Termasuk Homo erectus yang menghuni Asia dan Homo neanderthalensis yang menghuni Eropa, Archaic. Homo sapiens berevolusi antara 400.000 dan 250.000 tahun yang lalu.


Tulisan terkait