Eritrosit (Sel Darah Merah)

Eritrosit merupakan salah satu sel darah yang memiliki peranan penting bagi pengangkutan oksigen ke dalam jaringan dan buffer yang utama dalam tubuh manusia. Pada laki-laki normal jumlah eritrosit rata-rata 5.200.000 (±300.000) per mililiter darah sedangkan pada perempuan yang normal jumlah eritrositnya adalah 4.700.000 (±300.000) per mililiter darah, dengan konsentrasi hemoglobin 34/100 ml dalam cairan selnya. Jumlah eritrosit akan bervariasi karena juga dipengaruhi oleh factor lingkungan usia dll.

Saat embryo, eritrosit dibentuk di dalam yolk sac dan kemudian baru sejak trisemester pertengahan masa kehamilan pembentukannya diambil alih oleh hati, limpa, dan kelenjar limpa. Selanjutnya hanya sum-sum tulang merah yang akan berfungsi membentuk eritrosit ketika kita telah dewasa. Limpa dan hati juga berperan mengaktifkan kembali fungsi hemopoeitik eritrosit jika ada rangsangan yang ekstrem dalam jangka waktu lama yang menghendaki pembentukkan eritrosit dalam jumlah yang banyak.

Eritrosit yang mencapai umur 120 hari dalam keadaan normal akan mengalami dekstruksi. Sebagian sebagian besar eritrosit pecah dalam perjalanannya melalui pembuluh darah yang sempit. Sebagian besar eritrosit pecah di dalam limpa karena terjepit melewati pulpa merah limpa. Hemoglobin yang terlepas dari eritrosit difagosit oleh sel-sel makrophag terutama yang terdapat dalam limpa, hati (sel-sel kuffer), dan sumsum tulang.


Tulisan terkait