Struktur Dan Fungsi Vitamin C (Asam Askorbat)

(Artikel Struktur Dan Fungsi Vitamin C (Asam Askorbat) ini adalah bagian dari makalah dengan judul Struktur Dan Fungsi Vitamin. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, makalah Struktur Dan Fungsi Vitamin tersebut bisa anda DOWNLOAD DISINI)

Vitamin C atau asam akorbat disintesis dari glukosa pada semua tumbuhan tingkat tinggi dan kebanyakan hewa, tetapi tidak pada manusia, kera, manurut, burung bulbul, kelelawar buah India dan ikan tertentu. Vitamin C adalah asam L-askorbat, suatu lakton derivat gula dari glukosa. Vitamin C sebagai pereduksi yang kuat mudah kehilangan dua atom  hidrogen, menjadi asam L-dehidroaskorbat, yang masig memiliki aktivitas vitamin C. tetapi bila cincin lakton dihidrolisis untuk menghasulkan asam L-diketogulonat, maka aktivitas vitamin C  hilang.

Fungsi  biokimiawi yang spesifik dari vitamin C belum diketahui, vitamin C berfungsi sebagai kofaktor dalam reaksi hidroksilasi enzimatik residu prolin pada kolagen jaringan pengikat vertebrata untuk membentuk resedu – 4- hidroksi prolin, yang hanya ditemukan pada  kilagen, dan tidak pada protein hewan lainnya.

(DOWNLOAD makalah lengkapnya, untuk melihat penjelasan dilengkapi struktur molekul vitamin C/Asam Askorbat)

Tulisan terkait