Perbedaan Mitosis Dan Meiosis

(Tulisan Perbedaan Tahap Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Meiosis adalah bagian dari artikel dengan judul Replikasi Dan Pembelahan Sel. Bila anda memerlukannya sebagai bahan referensi, artikel tersebut bisa anda DOWNLOAD DISINI)

Berikut adalah perbedaan tahap pembelahan sel secara mitosis dan meiosis ;

1). Pembelahan sel secara mitosis terjadi pada sel somatis, sedangkan pembelahan meiosis terjadi pada meiosit atau gametogonium, yaitu sel-sel somatis khusus yang akan menghasilkan gamet (sel kelamin).

2). Pembelahan sel secara mitosis terjadi berlangsung relatif singkat dan selesai hanya dalam satu kali kariokinesis, sedangkan pembelahan meiosis berlangsung relatif lama dan memerlukan dua kali kariokinesis.

3). Pada pembelahan sel secara mitosis dari sebuah sel diploid dihasilkan dua buah sel yang masing-masing diploid, sedangkan pembelahan meiosis dari sebuah sel diploid dihasilkan empat buah sel yang masing-masing haploid.

4). Pembelahan sel secara mitosis kromosom-kromosom homolog tidak mengalami sinapsis sehingga hanya ada struktur monovalen atau kromatid biad pada metafase, sedangkan pembelahan meiosis Kromosom-kromosom homolog mengalami sinapsis sehingga akan ada struktur bivalen atau kromatid tetrad pada metafase I.

5). Pembelahan sel secara mitosis tidak ada peristiwa pindah silang, sedangkan pembelahan meiosis ada peristiwa pindah silang.

Tulisan terkait